NHR: Pegagan

Pegagan nama latinnya adalah Centella asiatica. Kalau ingat ginkgobiloba, pegagan memiliki khasiat serupa sebagaimana di Australia memanfaatkannya untuk anti pikun dan pereda stress. Berdasarkan penelitian, pegagan dapat memperbaiki jaringan otak yang mengatur terjadinya proses interaksi di dalam otak. Kandungan bahan aktif pada daun pegagan diantaranya adalah asam amino, minyak atsiri, terpenoid, triterpenoid, saponin, glikosida, vitamin B, sedikit vitamin C dan sedikit minyak atsiri. Manfaat penting lainnya adalah sebagai obat penghilang sakit, antidepressive, antimicrobial, antiviral. Pegagan ternyata juga mempunyai khasiat sebagai obat penyembuh luka, radang, reumatik, asma, wasir, tubercolosis, lepra, disentri, demam dan penambah darah.

Di India tanaman ini dikenal sebagai obat tradisional untuk awet muda dan memperpanjang usia. Di Thailand tanaman pegagan dimanfaatkan sebagai tonikum dan obat diare. Di Sri Lanka, pegagan lebih banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan pengeluaran air susu. Di Vietnam digunakan untuk mengatasi lemah badan karena usia lanjut (senility). Di Afrika, pegagan digunakan untuk menyembuhkan sifilis. Di Australia, pegagan telah dibuat obat dengan nama Gotu Kola yang bermanfaat sebagai anti pikun dan juga sebagai anti stress. Di Cina, obat pegagan dimanfaatkan untuk memperlancar sirkulasi darah, bahkan dianggap lebih berkhasiat dibandingkan dengan ginkgo biloba atau ginseng yang berasal dari Korea. Di Thailand sudah dibuat minuman dalam kaleng penambah stamina dan dijual secara komersial. Di Vietnam digunakan untuk mengobati sakit gila dan hepatitis akut. Penelitian di Malaysia menunjukkan bahwa pegagan berpotensi sebagai bahan obat anti kanker ovarium.

Sejak dulu, pegagan memang sudah jadi salah satu alternatif untuk pengobatan tradisional. Di perbagai wilayah Indonesia, pegagan tumbuh dan memiliki nama lokal masing-masing. Pegagan tumbuh secara liar di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, Jepang, India, China dan Australia, namun tidak menutup kemungkinan penyebarannya meliputi ke berbagai negara lain seperti Inggris dan Belanda. Tempat yang disukai oleh pegagan adalah tempat agak lembab dan terbuka atau agak ternaungi.

Beberapa diantara kandungan dari pegagan adalah : Asiaticoside, Centelloside, Carotenoids, Thankuniside, Isothankuniside, Madecassoside, Brahmoside, Brahmic acid, Brahminoside, Madasiatic acid, Meso-inositol, , Hydrocotylin, Vellarine, Tanin, dan juga beberapa garam mineral seperti : kalium, natrium, magnesium, kalsium dan Zat besi. Dilihat dari beberapa kandungan diatas, jelas bahwa banyak sekali manfaat serta khasiat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh. beberapa manfaat daun pegagan adalah:

- Mempercepat Kesembuhan Luka
- Meningkatkan Daya Ingat
- Mengobati Radang
- Mengobati Reumatik
- Mengobati Asma
- Mengobati Wasir
- Mengobati Lepra
- Mengobati Disentri
- Penambah Selera Makan
- Penambah Darah
- Sebagai Obat Penenang
- obat penghilang sakit
- Anti Depresi atau anti stress
- Anti Pikun
- Mengobati Ayan
- Mengobati Batuk darah, muntah darah, dan mimisan
- Mengobati Batuk kering
- Mengobati Bisul
- Mengobati Busung
- Mengobati Campak dan pembengkakan hati
- Obat tradisional Darah tinggi
- Obat Demam
- Mengobati radang amandel, sakit tenggorokan, dan bronchitis
- Obat Infeksi saluran kencing atau kencing keruh atau Susah kencing
- Obat Keracunan jengkol
- Obat Mata bengkak dan merah
- Obat Sakit kepala
- Obat Sakit perut, cacingan, serta keracunan
- Obat Tipus








PRODUK NHR DAPAT DI BELI MELALUI


LANGSUNG (WA): 0899 0 640 640



www.lazada.co.id/nhr


www.tokopedia.com/nhr


www.shopee.co.id


www.elevenia.co.id


www.bukalapak.com


www.blanja.com






0 Komentar


Isi Komentar

   kode : 8424

PRODUK NHR DAPAT DI BELI MELALUI


LANGSUNG (WA): 0899 0 640 640



www.lazada.co.id/nhr


www.tokopedia.com/nhr


www.shopee.co.id


www.elevenia.co.id


www.bukalapak.com


www.blanja.com